Belum Setahun Berdiri, BUMDes Bersama Betara Sudah Untung Puluhan Juta

0 172

JAMBI – Kemajuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terkadang tidak ditentukan oleh usia. Buktinya, Bumdes Bersama Betara. Meski baru berdiri Agustus 2019 lalu, tapi pada tahun ini sudah bisa memberikan kontribusi  ke Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 13.035.678 dengan laba Rp. 37.244.795. Jumlah kontribusi ini dibagikan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga BUMDes.

”Alhamdulillah kita sudah bisa memberikan kontribusi ke PADes,” terang Direktur Bub3rta, Suroso SPt baru-baru ini.

Dikatakannya, usaha yang dijalankan yakni layanan pembiayaan bunga ringan ke

JUAL BELI : Direktur BUMDes Bersama Betara, Suroso SPt saat serah terima barang dengan masyarakat yang membutuhkan layanan

pada masyarakat. Dimana BUMDes berusaha memberikan layanan penjualan barang kebutuhan sehari-hari kepada masyarakat dengan sistem kredit.  Masyarakatpun  bisa menghubungi BUMDes Bersama Betara ini bagi yang membutuhkan baik itu handphone, lemari es, televisi dan lain-lain.

”Berkat usaha tersebut, kini kami pengurus yang terdiri dari lima orang sudah bisa gajian hingga Rp. 3 juta-an,” ujarnya.

Kedepan BUMDes ini akan mengembangkan usaha wisata. Mengingat, salah satu desa di Kecamatan Betara ada yang memiliki potensi air panas. ”Kedepan insyaallah kita akan mengelola itu,” sebutnya.

Seperti diketahui BUMDes bersama ini didirikan atas dasar Musyawarah Antar Desa dan ditetapkan dengan Peraturan Desa Bersama. Peserta Musyawarah Antar Desa adalah delegasi yang ditunjuk dengan oleh masing2 desa, disetujui dalam Musyawarah Desa dan ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa. Musyawarah Desa yang dilakukan masing-masing desa adalah musyawarah desa pendirian BUMADesa yg mencakup pembahasan setidaknya persetujuan atas latar belakang dan analisis mengapa membuat BUMA Desa, pokok pikiran, dan delegasi dalam Badan Musyawarah Antar Desa. (arm)

ENERGI : Para pengurus BUMDes Bersama Betara
Leave A Reply

Your email address will not be published.