Gandeng Kemendes, Sofyan Ali Dukung Pengembangan Kopi Djangkat

0 141

JAMBI- Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi, Sofyan Ali mengapresiasi keberhasilan Kopi D’Jangkat Sungai Tenang Kabupaten Merangin, yang dinobatkan sebagai kopi robusta terbaik dalam event 8th SCAI Micro Lots Indonesia Specialty Coffee Auction 2019 yang dilaksanakan di Bandung, Sabtu (2/11) lalu.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW-PKB) Provinsi Jambi itu mengucapkan selamat kepada para petani kopi Sungai Tenang yang telah mampu mengharumkan nama Provinsi Jambi di ajang nasional. Alhamdulillah, ini membuktikan kepada publik bahwa kopi Jambi memiliki kuàlitas dan cita rasa tinggi, ujarnya.
Sebagai Wakil rakyat yang diberi amanah di Senayan, Bang Piyan, sapaan akrabnya, menyatakan, akan turut memberikan dukungan dan mendorong upaya inovatif yang telah dilakukan para petani kopi di Desa Sungai Tenang dengan cara membantu mengembangkan pengelolaan pasca panen sehingga pengolahan yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas dengan menghasilkan green bean fine robusta untuk meningkatkan nilai tambah (added values) yang diperoleh oleh petani, ditengah tren harga kopi nasional yang terus menurun. Saya kira melalui jaringan yang ada, Insya Allah nanti kita akan turut membantu hilir-nya, meningkatkan kualitas dan promosi dan harga sehingga berdampak positif bagi para petani kopi, paparnya.
Anggota Komisi V DPR RI itu, juga akan berupaya menggandeng Kementerian desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) sebagai salah satu mitra kerjanya untuk turut memberikan perhatian khusus pada sektor pengembangan dan pengolahan kopi Djangkat Sungai Tenang sehingga nantinya dibantu menjadi salah satu produk unggulan Desa atau produk unggulan kawasan perdesaan yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.
Kita juga akan coba melalui Kemendesa sebagai salah satu mitra kerja kita. Selain kopi Djangkat, tentunya tidak menutup peluang bagi komoditi kopi lainnya di Provinsi Jambi untuk bersama-sama menjadi perhatian kita. Tahap awal kita akan identifikasi dulu, paparnya.
Selain berupaya mendorong dari pusat, Sofyan Ali juga mengajak Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Jambi untuk turut serta bersama-sama memberikan dukungan dalam mengembangkan potensi kopi Merangin dan kopi Jambi umumnya sebagai salah satu alternatif komoditi yang bernilai ekonomis, sekaligus mengajak Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk turut memfasilitasi market kopi dengan target pasar lokal, nasional, bahkan internasional . Bentuk dukungan itu antara lain dalam bentuk teknologi tepat guna agar petani mampu memproduksi kopi fine robusta dan speciality arabika dalam kapasitas besar sehingga petani secara mandiri mampu memenuhi permintaan ekspor, pungkasnya.
Seperti yang dilansir sejumlah media sebelumnya, kopi D’Jangkat Sungai Tenang menjadi yang terbaik dalam event 8th SCAI Micro Lots Indonesia Specialty Coffee Auction 2019. Robusta Produk Koperasi Cahaya Puncak Merangin ini, berhasil menyabet score 82.42 dari Q Robusta Grader (Juri Robusta), mengungguli 15 finalis, yang di gelar oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) di IBIS Hotel Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/11/2019).
Hasil penilaian Q Robusta Grader, Kopi D’Jangkat beroma karamel dan buah-buahan tropis, diikuti oleh jahe kering, ubi jalar dan aroma buah-buahan tropis. Kopi D’Jangkat sarat dengan krim kelapa, dan teh hitam. Saat dingin rasa krim oranye, dan karamel asin sangat mendominasi.
Betul, Kopi Koperasi Cahaya Puncak Merangin No Lot #206 dengan score tertinggi 82.42, HArRO Coffe Group No Lot #213 score 80.75, Kerinci Volcano Coffee No Lot #218 score 80.50,” ungkap Syafrudin SCAI Chairman, ketika dikonfirmasi.
Keberhasilan Kopi D’Jangkat diapreseasi Lembaga Tiga Beradik (LTB). Sebagai lembaga yang selalu aktif mendampingi para petani kopi di Kabupaten Merangin, LTB bangga atas capaian Kopi D’Jangkat di ajang Nasional tersebut. Kita tentu sangat bersyukur dan bangga dengan potensi Kopi Robusta Merangin, khususnya Kopi D’Jangkat Sungai Tenang, kata Yudha direktur LTB.
Yudha berharap, anugrah Kopi Robusta terbaik Indonesia yang diraih Kopi D’Jangkat Sungai Tenang di event 8th SCAI Micro Lots Indonesia Specialty Coffee Auction 2019 tersebut, bisa berdampak semakin meningkatnya ekonomi petani kopi di Kabupaten Merangin.
Sementara itu, Ketua Koperasi Cahaya Puncak Merangin, Gusdi Warman mengatakan, keberhasilan mencapai nilai tertinggi pada kancah SCAI, merupakan keberhasilan kedua, setelah tahun 2018 di Bali menjadi juara di ajang yang sama. Pada tàhun 2018 yang diikut sertakan dalam kompetisi dengan pengolahan pasca panen Full Wash, dan pada tahun ini dengan pengolahan honey, ujar Gusdi.
Gusdi berharap keberhasilan dua tahun berturut-turut ini, mendapat apresiasi dari pemerintah untuk mendukung petani dalam pengembangan budi daya kopi, pengelolaan pasca panen sampai ke pasar.(***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.