Jambi Miliki 87 Desa Mandiri, 2 Desa Sangat Tertinggal

0 639

JAMBI- Tahun 2020 ini jumlah desa Mandiri di Provinsi Jambi mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu hanya lima desa, tahun ini meningkat menjadi 87 desa. Sementara jumlah desa sangat tertinggal juga menurun. Dari tahun lalu sebanyak 14 Desa Sangat Tertinggal, tahun ini hanya tinggal dua desa.

”Ini sebagai dampak dari dana desa yang selama ini dikucurkan oleh pemerintah pusat. Dan juga alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah kabupaten serta bantuan provinsi,” ungkap Koordinator Program P3MD Provinsi Jambi, Edi Endra SP yang didampingi, TA Madya Pelayanan Sosial Dasar KPW Provinsi Jambi, Jasmani SPdI, kepada koran ini.

Selain itu lanjutnya, dari 1399 desa, ada 285 desa maju. Disamping itu, 870 desa berkembang dan 155 desa tertinggal. ”Peran semua pihak sangat menunjang dalam perubahan desa-desa di provinsi Jambi. Saya selaku koordinator program juga berterima kasih kepada pendamping yang telah setia dan tekun mendampingi desa hingga mengawal proses IDM ini. Terima kasih juga kepada pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi yang telah bekerjasama dengan kami,” ujar putra Merangin ini.

Dikatakan Edi, ada banyak indikator dalam penilaian indeks desa membangun tersebut. Selain pendidikan dan kesehatan, juga indikator ekonomi.  Indeks Desa Membangun ini lanjutnya,  diperlukan sebagai acuan terhadap status desa sesuai yang diatur dalam PermendesaPDTTrans Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun.

”Indeks Desa Membangun disusun untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menangani pengentasan Desa Tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri,” tukas alumni Fakultas Pertanian Unja ini. (arm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.