Jambi Siap Revitalisasi BUMDes, Mayoritas BUMDes Sudah Teregistrasi

0 252

JAMBI –  Provinsi Jambi siap melakukan revitalisasi lembaga ekonomi desa yakni Badan Usaha Milik Desa atau dikenal dengan BUMDes. Program revitalisasi ini merupakan program prioritas Kemendes PDTT RI. Hal ini disampaikan Koordinator Provinsi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Jambi, Edi Endra, SP ke media ini.

”Desa-desa di Provinsi Jambi ini memiliki sumber daya alam yang berlimpah, dan ini bisa dikelolah oleh BUMDes untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” ujar putera Jangkat, Merangin ini.

Sementara itu, Tenaga Ahli Madya Pengelolaan Keuangan Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal Program P3MD Provinsi Jambi,  Mohd Haramen, SE, ME,Sy menyampaikan, dari 1120 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),  saat ini sudah 520 yang teregistrasi. Registrasi BUMDes ini dalam rangka pemberian pendampingan khusus guna merevitalisasi BUMDes di era new normal ini.

”Ya alhamdulillah berkat kerja keras para pengurus BUMDes yang tentunya didampingi para pendamping desa dan aparatur desa, proses registrasi BUMDes di Provinsi Jambi berjalan dengan lancar,” ungkap putera Mersam ini.

Dikatakannya, proses registrasi ini memang ada beberapa hambatan. Hambatan utamanya adalah signal internet yang terkadang tidak baik di desa. Selain itu juga kendala teknis seperti adanya beberapa BUMDes yang tidak memiliki laporan keuangan. Dan ada juga yang belum aktif.

”Di Provinsi Jambi ada sekitar 323 BUMDes tidak aktif yang dikarenakan berbagai kendala, seperti pengurus tidak aktif, permodalan yang minim, dan lain-lain,” ujar lulusan S2 Ekonomi Syariah UIN STS Jambi ini.

Kedepan, dirinya berharap seluruh BUMDes di Provinsi Jambi bisa aktif dan memberikan kontribusi Pendapatan Asli Desa (PADes). Untuk itu, lanjutnya, Kemendes telah menyiapkan tiga pilar dalam melakukan revitalisasi ini yakni, peningkatan SDM pengurus, perluasan jaringan pemasaran, dan penguatan bantuan permodalan.

”Jika BUMDes terus didorong secara bersama-sama untuk maju, saya yakin kedepan akan berdampak kepada kemajuan ekonomi Jambi,” imbuhnya. (arm)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.