Rudi Haryanto, Serly Oktaviani, dan Sukriyunsyah

JAMBI – Sebanyak tiga orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ahsanta Jambi ikut menjadi peserta Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti di bumi perkembahan Cibubur, Jakarta. Mereka terdiri dari Serly Oktaviani, Rudi Haryanto, dan Sukriyunsah. Perkembahan ini akan diikuti mereka dari tangga; 18 – 25 November 2019 mendatang.

”Insyaallah kita berangkat Sabtu ini,” ucap Serly  salah seorang peserta Pertikawan Nasional.

Seperti diketahui, Satuan Karya Pramuka Wanabakti atau biasa disingkat Saka Wanabakti adalah salah satu dari 11 Saka Tingkat Nasional Indonesia. Satuan Karya Pramuka Wanabakti adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandegayang memberikan pengetahuan, keterampilan praktis, dan menanamkan tanggung jawab di bidang pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, terutama kehutanan.

Kata wanabakti sendiri berasal dari kata ‘wana’ dan ‘bakti’. Wana merupakan kata dari bahasa Sansakerta yang memiliki arti hutan, sedangkan bakti memiliki arti tunduk dan hormat, setia, atau perbuatan yang menyatakan setia.

Saka Wanabakti menjadi satu diantara sebelas Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional. Artinya, saka ini telah terbentuk kepemimpinan mulai di tingkat cabang, daerah, hingga nasional.

Di samping Saka Wanabakti, saka-saka lain yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Bakti Husada, dan Saka Kencana. Juga Saka Taruna Bumi, Saka Wira Kartika, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, dan Saka Widaya Budaya Bakti. (arm)