Mengapa Jadi Entrepreneur Perlu Kuliah S1 Ekonomi Syariah ?

0 30

Kalau kamu selama ini bertanya-tanya, penting atau tidak seorang entrepreneur memiliki bekal pendidikan, jawabannya adalah penting. Mengapa? Berikut ini gambaran alasannya:

1. Memahami manajemen dan teori bisnis lainnya

Secara umum, bekal pendidikan yang memadai akan membuat kamu lebih mudah dalam memulai dan mempertahankan bisnis. Jadi, setiap langkah bisnis yang ditempuh akan lebih efektif, efisien dan tersistematis. Lebih spesifik lagi, lewat kuliah di Prodi Ekonomi Syariah, kamu punya kesempatan mempelajari teori-teori yang berkaitan dengan bisnis seperti manajemen bisnis dan akuntansi hingga etika bisnis syariah. Hal ini akan membuatmu lebih paham cara mengelola dan menjalankan bisnis secara tepat dan terorganisir. Kamu juga akan lebih mudah mencapai target-target yang telah ditetapkan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Karena memang kewajiban kita sebagai muslim adalah menjalankan bisnis secara halal, thoyyib dan barokah.

Salah satu Program Studi atau Jurusan yang tepat dijadikan pilihan menjalani pendidikan bagi para calon entrepreneur adalah Prodi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Muhammad Azim (IAIMA) Jambi. Perlu kamu ketahui, pembelajaran di Prodi Ekonomi Syariah ini bersifat practical based learning, yaitu memberikan porsi yang besar kepada para mahasiswa untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari di ruang kelas. Makanya setiap tahun diadakan kegiatan expo produk mahasiswa. Di acara ini mahasiswa bisa melakukan praktek bisnis secara riil.

2.Mengasah jiwa kepemimpinan

Jika ingin menjadi pebisnis, kamu juga harus menguasai leadership atau kepemimpinan. Salah satu cara untuk mengasah jiwa kepemimpinan yakni di kampus. Dimana kamu mengikuti berbagai organisasi yang ada. Dalam kegiatan perkuliahan pun, jiwa kepemimpinan bisa terlatih saat mengerjakan tugas kelompok. Kamu bisa berlatih bagaimana memimpin kelompok tersebut untuk mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

Program Studi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi sudah memiliki berbagai organisasi kemahasiswaan. Mulai dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP), Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI), hingga Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). Di organisasi ini kamu bisa mengasah jiwa kepemimpinan selain, secara Soft skill leadership sudah terintegrasi dengan kurikulum S1 di Prodi ini.

SEMINAR NASIONAL : Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi Ekonomi Syariah yang kini sudah dibawah Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi

3.Memperluas jaringan

Networking atau jaringan merupakan sebagian kecil dari kemampuan dalam bersosialisasi.  Kamu harus bisa menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai komunitas lain untuk keberhasilan bisnis. Saat ini, banyak bisnis yang berkolaborasi satu sama lain, dan meraih keuntungan bisnis yang makin berlimpah.

Tentunya, kemampuan networking ini akan terasah ketika di kampus. Kamu akan mendapat kesempatan bersosialisasi dengan orang yang memiliki berbagai macam latar belakang. Dari sini, kamu bisa belajar untuk memperluas networking yang akan berdampak positif saat kamu mulai berbisnis nantinya.

Di Program Studi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi memiliki mahasiswa yang berlatarbelakang berbagai macam. Baik dari suku, tempat tinggal, maupun pekerjaan dan hobi yang digeluti. Tentunya ini tempat yang pas bagi kamu untuk memperluas jaringan.

4.Meningkatkan berbagai skilluntuk berbisnis

Sebagai pemimpin untuk usahamu nanti, kamu dituntut untuk memiliki keterampilan atau skill dalam berbisnis, baik hard skill maupun soft skillHard skill merupakan kemampuan sifatnya teknis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan misalnya menyusun laporan keuangan. Sedangkan soft skill adalah kemampuan non teknis yang ada dalam diri seseorang seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja sama, hingga negosiasi.

Lewat kuliah di Prodi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi, kamu akan punya banyak kesempatan untuk mengasah berbagai skill yang diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur. Selain diajarkan tentang dasar-dasar membuat laporan keuangan dan bisnis, di Prodi ini, kamu juga akan belajar mengasah berbagai soft skill seperti kepemimpinan  (leadership), semangat bertumbuh (passion for growth), percaya diri (self confidence), dan membina hubungan (relationship building).

KERJASAMA : Prodi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi melaksanakan MoU dengan PT Bursa Efek Jakarta dan PT Phitraco Securitas dalam membuka Galeri Investasi Syariah. Saat itu, pihak IAIMA Jambi diwakili oleh Wakil Rektor I, Saidina Usman El Qureisy, MFil

5.Memperkaya pengalaman 

Menjadi seorang pebisnis yang andal harus memperkaya diri dengan wawasan dan pengalaman. Dengan menempuh pendidikan formal, akan banyak sekali lho pengalaman yang kamu dapatkan. Kalau kamu kuliah di Prodi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi, kamu punya kesempatan mengikuti program pelatihan investasi saham langsung dari pihak Bursa Efek Jakarta misalnya. Kamu akan pasti menimba pengalaman belajar yang banyak dari praktisinya. Seru kan?

SILATURRAHMI : Pertemuan antara Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ekonomi Syariah IAIMA Jambi dengan pengurus Forum Silaturrahmi Ekonomi Islam (Fossei) cabang Jambi. Dalam pertemuan tersebut disepakati pembentukan Kelompok Studi Ekonomi Islam Al Azim IAIMA Jambi. 

Nah, itulah manfaat pendidikan sebagai modal untuk jadi entrepreneurSo, ayo kejar mimpimu mulai dari mendaftar ke prodi yang tepat! Sudah tahu kan jawabannya? Ya, kamu bisa mendaftar ke Prodi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi sekarang juga! SMS ke 089652100485 atau langsung daftar ke pmb.ahsantajambi.ac.id. (****)

BERLATIH JIWA ENTREPREURSHIP MODAL 100 RIBU : Di era millineal hari ini, jadi investor tidak perlu harus punya modal besar, modal seratus ribu rupiah juga bisa jadi investor, yakni investasi saham. Itulah yang dilatih di Prodi Ekonomi Syariah IAIMA Jambi. Dengan demikian melatih jiwa entreprenership dengan modal seratus ribu.
Leave A Reply

Your email address will not be published.