Ada Sholat Sunnah Berpahala Seperti Haji dan Umroh, Ini Penjelasannya

0 75

JAMBI, berjambi.com – Ada banyak sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Mulai dari sholat rawatib, dhuha, tahajud dan lain-lain. Ada sholat sunnah yang pahala nya seperti haji dan umroh. Hal ini disampaikan oleh Dosen UIN STS Jambi, Muhammad Sibawaihi, S.Sy, M.H. pada kajian Kitab Bulughul Marom di Masjid Sabilal Muhtadin, Perum Aston Villa, pagi ini (12/4).

“Sholat yang pahalanya seperti haji dan umroh itu adalah sholat isyroq,” ungkapnya.

Waktu pelaksanaan sholat ini lanjutnya, yakni saat matahari baru akan terbit. Begitu matahari mulai meninggi, sudah masuk waktu dhuha. “Jadi memang sebentar sekali,” ujarnya.

Tata cara pelaksanaannya kata guru Ponpes As’ad ini, mulai dari sholat subuh berjamaah, kemudian berzikir hingga matahari akan terbit. Setelah itu dilanjutkan sholat isyroq dua rakaat. “Tapi kalau tidak jamaah Subuh, pahala nya tidak sampai seperti haji dan umroh,” tukasnya.

Ustadz Sibawaihi inipun menyampaikan ada terdapat perbedaan pendapat ulama terkait sholat  isyroq ini. Imam Ibnu Hajar berpendapat itu sama dengan sholat dhuha. Tetapi Imam Al Ghazali berpendapat antara sholat dhuha dan Isyroq itu berbeda.

“Saya sendiri cenderung menganggap berbeda,” tuturnya. (arm)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan