Cukup Puasa Tiga Hari Berpahala Seperti Puasa Sebulan, Ini Penjelasan

0 79

JAMBI, berjambi.com – Seluruh umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa sunnah pada setiap bulannya. Yakni pada tanggal 13, 14, dan 15  pada bulan-bulan Hijriah. Pada hari-hari atau tanggal tersebut dinamakan dengan ayyamul bidh. Minggu (2/7) merupakan tanggal 13 Zulhijjah 1444 Hijriyah.

“Banyak pahala yang diperoleh dengan puasa tiga hari dalam sebulan,” ucap penceramah kondang Kota Jambi,  ustadz Ballishada, SH MH kepada media ini.

Disebutkannya, dalam sebuah hadits disebutkan,  siapa yang menjalankan puasa tiga hari ayyamul bidh, maka sama dengan puasa selama sebulan. Sementara jika dilakukan setiap bulan, maka sama dengan puasa selama setahun penuh.

Sementara itu dinukilkan dari kitab Umdatul Qari`Syarhu Shahihil Bukhari, puasa tiga hari dalam sebulan  dinamai ayyamul bidh terkait dengan kisah Nabi Adam as.

Dikisahkan saat itu, Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam/gosong. Kemudian Allah memberikan wahyu kepadanya agar berpuasa selama tiga hari, yakni tanggal 13, 14, dan 15.

Nabi Adam pun menjalankan perintah tersebut. Manakala berpuasa pada hari pertama, sepertiga badannya menjadi putih. Di hari kedua puasa, dua pertiga tubuhnya pun memutih. Sementara setelah puasa hari ketiga, seluruh tubuhnya menjadi putih. (arm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan