Ini Tips Berkendara Aman dalam Kondisi Kabut Asap

0 15

JAMBI, berjambi.com – Seperti yang diketahui, Provinsi Jambi saat ini sedang dilanda fenomena kabut asap dikarenakan salah satu dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dikarenakan hal tersebut kualitas udara di Jambi menjadi tidak sehat dan jarak pandang dikategorikan buruk. Maka dari itu, Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya akan berbagi tips berkendara aman saat kabut asap.

Berikut tips berkendara aman dalan kondisi kabut asap :
1. Rencanakan perjalanan anda.
Dengan melakukan perencanaan perjalanan seperti memilih rute yang lebih cepat atau terbebas macet dapat menurunkan potensi kita mengalami bahaya saat berkendara di kondisi jalan yang berkabut.

2. Jaga jarak aman.
Selalu jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain didepan agar kita dapat menghindari bahaya yang berkemungkinan datang dari depan kita.

3. Jaga kecepatan.
Saat melintasi jalan berkabut, hindari untuk berkendara dengan kecepatan tinggi karena jarak pandang kita akan terganggu akibat kabut yang menutupi jalan.

4. Cari tempat aman.
Jika kabut sangat tebal dan sangat mengganggu jarak pandang kita, sebaiknya berhenti dan menepi terlebih dulu. Carilah tempat yang paling aman dan jauh dari sisi jalan. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara karena ini terlalu berisiko.

5. Tingkatkan Konsentrasi Dan Kewaspadaan
Dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, akan lebih bisa dengan cepat tanggap memperhatikan keadaan yang ada di sekitarnya. Pastikan untuk tetap berada di batas kecepatan yang wajar jangan terlalu cepat memacu sepeda motor.

6. Jangan Nyalakan Hazard
Untuk motor yg memiliki fitur lampu hazard, sebisa mungkin jangan dinyalakan karena bisa menimbulkan kebingungan. Beberapa orang yang melihat lampu ini sering mengira bahwa lampu ini digunakan karena mobil berhenti, jadi akan membuat kaget pengendara yang ada di belakang yang menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Sebisa mungkin untuk hindari penggunaan lampu yang satu ini ya.

7. Gunakan Masker
Selalu gunakan masker yang sesuai dengan anjuran dari badan atau Lembaga Kesehatan Pemerintah dan selalu gunakan dimana saja apalagi saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Masker akan membantu mengurangi paparan udara kotor atau asap yang masuk ke dalam sistem pernapasan.

“Jadi itulah beberapa tips berkendara aman dalan kondisi kabut asap, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu #Cari_aman saat naik motor ya! ujar Agung Sanjaya, Instruktur Safety Riding Honda Sinsen. (arm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan