Al Haris Harap Samsat Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

0 17

JAMBI, berjambi.com – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH mengharapkan, sebagai pelayan publik, sudah menjadi tugas pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Samsat merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat, berikan pelayanan semaksimal mungkin yang terbaik kepada masyarakat. Harapan tersebut disampaikan Gubernur Al Haris pada saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Kesamsatan Semester I Provinsi Jambi Tahun 2022 yang diselenggarakan di Hotel Wiltop Jambi (Selasa, 27/09/2022).

“Sebagai pelayan publik, sudah tugas kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Berikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, pertama, setiap pelayanan ada kepastian hukumnya, kedua, kepastian pembiayaannya, ketiga, tujuan akhirnya, azas manfaatnya. Jangan ada lagi masyarakat yang mengeluh karena pelayanan yang tidak baik,” ungkap Al Haris.

Dikatakan Gubernur Al Haris, petugas Samsat harus memberikan pelayanan terbaik kepada para wajib pajak dengan prinsip kalau urusan bisa  dipercepat kenapa diperlambat, kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit. “Kita tidak mau lagi mendengar ada wajib pajak yang mengeluh tentang waktu, juga masih ada cara kongkalingkong dalam pembayaran pajak atau ada istilahnya, mau cepat selesai apa mau berapa hari selesai. Ini tidak jamannya lagi, kita sudah bersiap siap memasuki era digital, cara dan pikiran kita harus berubah,” kata Al Haris.

“Sekarang ini kita sudah memasuki era digital, memanfaatkan kanal-kanal transaksi tidak harus bertatap muka, cukup mempergunakan jasa layanan Teknologi Informasi. Demikian juga dengan pelayanan kesamsatan, kita telah memiliki aplikasi pembayaran melalui aplikasi E-Samsat dan Signal (Samsat Digital Nasional). Orang sudah beralih kedigital, era keterbukaan,” sambung Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menekankan agar kinerja Samsat di wilayah Provinsi Jambi perlu ditingkatkan lagi. “Kinerja Samsat perlu ditingkatkan, sinergitas dan koordinasi guna penguatan team work yang solid. Sinergi tersebut diharapkan mampu memberi dampak terhadap peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat,” tekan Al Haris.

Orang nomor satu di Provinsi Jambi ini juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kapolda Jambi beserta jajaran serta pihak terkait lainnya yang telah memberikan dukungan dalam kegiatan operasional Samsat. “Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Kapolda Jambi beserta jajaran Polres/Polresta yang telah memberikan dukungannya dalam kegiatan operasional Samsat. Demikian juga kepada Tim Pembina Samsat Provinsi Jambi dan Saudara Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota  beserta jajarannya yang telah ikut membantu dalam penyiapan sarana prasarana pendukung terkait kegiatan pemungutan pajak provinsi di wilayahnya, terutama Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor,” ucap Al Haris.

Pada kesempatan ini Gubernur Al Haris juga meresmikan Gerai Samsat WTC dan penggunaan mesin cetak Plat Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Samsat Tanjung Jabung Timur bantuan dari Pemkab Tanjung Jabung Timur.

Sementara itu,  Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Jambi Agus Pringadi menyampaikan, melalui Rakor ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas serta mengevaluasi beberapa kebijakan yang telah dilakukan dalam rangka melaksanakan oprasional kesamsatan se-Provinsi Jambi dalam rangka pemungutan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor serta pajak-pajak lain yang melekat BPKPD dengan tujuan untuk menganalisir permasalahan yang dihadapi di samsat, merumuskan dan menyepakati bersama dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola pelayanan serta melakukan sinkronisasi kepada pemerintah kabupaten/kota dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Jambi. Rakor yang dilaksanakan selama satu hari ini dihadiri seluruh kepala samsat kabupaten/kota se Provinsi Jambi. (Sapra Wintani/ADV Diskominfoprov)

Leave A Reply

Your email address will not be published.