Menko Marves Luhut B Pandjaitan Puji Al Haris Dalam Kendalikan Inflasi

0 6

JAMBI, berjambi.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan puji Gubernur Jambi, Al Haris yang mampu dalam pengendalian inflasi.

Ini dikatakan Menko Marves Luhut B Pandjaitan dalam sambutannya saat membuka Business matching pengadaan produk dalam negeri dan UMKM tahap ke empat di Bali, Kamis (07/10/2022).

Business matching pengadaan produk dalam negeri dan UMKM yang dihadiri para menteri, seluruh kepala daerah Gubenur dan Bupati di Indonesia ini, awalnya Luhut mengajak membangun ke kompakan salah satunya penggunaan produk dalam negeri.

“Presiden berkali-kali menekankan mengenai keadaan global, konflik di Ukraina kita tidak tau ujungnya seperti apa, ini berdampak pada perekonomian global oleh karena itu kita harus antisipasi, kita membangun kekompakan salah satu pengunaan produk dalam negeri,” kata Luhut.

Menko Marves Luhut B Pandjaitan juga mengajak semua harus merapatkan barisan untuk menahan inflasi. Ia juga mengatakan Mendagri sudah mengintruksikan Bupati dan Gubernur mengatasi inflasi.

“Kita semua harus rapatkan barisan kita harus menahan inflasi kita, pangan inflasi cukup tinggi, cabe, telor, bawang merah, ayo kita tanam. Mendagri bilang sudah mengintruksikan kepada Bupati dan Gubernur dan saya mohon ayo kita lakukan, kita tunjukkan bangsa kita, bangsa besar yang kompak mengatasi keadaan sulit di Negari kita. Kita bisa kalau kita kompak, saya mohon nanti teman-teman Bupati dan Gubernur ayo sama-sama kita kerjakan,” ujar Luhut.

“Saya lihat contohnya, saya dibisikan Pak Mendagri Gubenur Provinsi Jambi inflasi tadinya tinggi tapi sekarang inflasinya turun karena soal cabe aja, pak gubernur Jambi ada disini, ya tepuk tangan buat Gubenur Jambi, jadi Pak Gubernur Jambi bisa, ayo kita sekarang spesipik daerah kita masing-masing, kita jangan berpikir tinggi-tinggi, sederhana saja tapi menusuk, kalau itu kita lakukan bisa kita selesaikan,” tambah Luhut.

Seperti diketahui, provinsi Jambi disoroti Presiden Joko Widodo karena inflasi mencapai angka 8,55 persen pada pertengahan Agustus lalu.

Disoroti Presiden, Gubenur Jambi Al Haris langsung mengintruksikan kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan kepala daerah untuk bersama-sama mengendalikan inflasi.

Disamping itu, Al Haris juga melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya mengendalikan inflasi. Pemerintah Provinsi Jambi melakukan Program Pengendalian Inflasi TPID EXISTING 4K yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif.

Pemerintah Provinsi Jambi juga telah melakukan intervensi komoditi bahan pokok, antara lain: cabai merah, cabai rawit, bawang merah, minyak sayur, telur ayam ras, dan beras.

Aksi nyata dilakukan dengan gerakan tanam cabe dan menghimbau ASN di Provinsi Jambi untuk membeli beras petani Jambi. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan