4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Motor Bebek

0 24

JAMBI, berjambi.com – Dari sekian banyaknya tipe motor yang ada di pasaran, salah satu yang paling sering kita temukan adalah motor bebek atau tipe cub. Tak bisa dipungkiri karena hampir di setiap aktivitas yang menempuh jarak yang dekat maupun jauh, kita selalu mengandalkan kendaraan roda dua ini dari pada roda empat.

General Manager Service and Part Sinsen Erwin Susanto mengatakan sebagian orang beranggapan bahwa motor bebek memerlukan perawatan yang relatif lebih sulit dan mahal. Namun sebenarnya, apa pun jenis motornya tetap harus memerlukan perawatan rutin agar mesin kendaraan selalu dalam keadaan bagus, nyaman dan performanya tetap optimal.

Mungkin banyak masyarakat Jambi yang masih mempertahankan motor bebek di rumah karena memiliki mesin yang Tangguh dan sangat irit dalam pemakaian bahan bakar. Meski akhir-akhir ini ketenarannya kalah dengan motor matic, nyatanya motor bebek masih tetap sering dijumpai dijalanan.

Berikut tips dalam merawat motor bebek dengan baik dan benar :

1. Memanaskan Motor
Cara ini dianggap sepele dengan beberapa orang, namun cara ini wajib dipahami jangan sampai salah arti karena memanaskan motor ada triknya yaitu harus diruangan terbuka dan hanya boleh dilakukan kurang lebih 3 menit saja.

2. Cek Aki
Aki atau battery merupakan sumber utama listrik sepeda motor setelah generator, sehingga perlunya di lakukan pengecekan aki yaitu tegangan aki minimal 12,4 Volt atau lihat indicator pada panel meter.

3. Roda dan Ban
Untuk pengecekan ban lakukan dengan simple saja sebelum mengendarai. Periksa tekanan angin ban, minimal ban depan 29 Psi dan ban belakang 33 Psi. Periksa juga ketebalan ban dapat dilihat dari alur ban yang masih tebal atau sudah gundul serta periksa juga keolengan roda dengan cara diputar pelan-pelan.

 

4. Oli mesin
Banyak pengguna kadang lupa terhadap rutinitas pergantian oli pada sepeda motornya, maka dari itu penting sekali kita melakukan pengecekan dan pergantian oli secara rutin sehingga komponen-komponen semakin awet dan performa tidak cepat turun.

“Nah, itu dia 4 hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatan motor bebek. Tidak sulit, bukan? Meskipun kini motor bebek Honda mulai tergantikan dengan motor matic, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa spesifikasi yang dimilikinya tetap tangguh. Selain itu juga, kami sangat menyarankan untuk rutin melakukan service berkala hanya di Bengkel Resmi Sepeda Motor Honda atau AHASS terdekat anda ya” tutup Erwin. (**/)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan