WISUDAWAN UIN STS JAMBI: What’s Next?

Oleh: Bahren Nurdin

0 36

PADA momen penuh kebanggaan, tanggal 8 Agustus 2023 lalu, UIN STS Jambi telah melahirkan 1.018 orang wisudawan yang siap melangkah ke ‘dunia baru’. Selamat kepada mereka yang telah berhasil meraih gelar sarjana, sebuah prestasi yang menggambarkan perjalanan panjang dan dedikasi dalam mengejar ilmu. Namun, seiring dengan perayaan ini, ada sebuah tanya: _What is next?_ ‘Setelah jadi sarjana, mau ngapain?’

Seperti sebelum-sebelumnya, sebagian kecil dari para wisudawan ini akan memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti S2 atau S3. Ini adalah langkah sangat baik walaupun membutuhkan kesiapan finansial, mental dan fisik, serta tekad untuk mengejar keunggulan akademis. Namun, ini juga merupakan kesempatan untuk lebih mengkhususkan diri dalam bidang yang diminati dan berpotensi membuka pintu untuk dunia akamik yang lebih mendalam.

Tidak kalah menarik adalah langkah berani memasuki dunia kerja atau bahkan berwirausaha. Bagi mereka yang memiliki keterampilan dan persiapan yang matang, peluang ini bisa menjadi jalan menuju kesuksesan.

Saat dunia kerja semakin kompetitif, para sarjana baru perlu siap beradaptasi dan belajar seiring dengan perkembangan zaman. Keterampilan yang relevan dan kemampuan berinovasi akan menjadi kunci untuk bersaing dan berkembang.

Memasuki duni kerja ini tentunya gelar sarjana saja belum cukup tapi harus ada keterampilan tambahan yang dapat dijakan ‘senjata’ untuk perang.

Namun, terdapat kenyataan yang tidak dapat diabaikan: sebagian besar dari para wisudawan mungkin masih belum memiliki rencana yang jelas. Ada yang bingung antara melanjutkan pendidikan atau langsung bekerja, dan ada juga yang tenggelam dalam ketidakpastian.

Bagi mereka, pesan yang jelas adalah jangan berhenti bergarak. Walaupun masa depan mungkin tampak kabur, tetapi setiap langkah kecil menuju tujuan akan membawa kita lebih dekat pada pencapaian yang diinginkan. Bergerak saja dengan doa dan usaha, sekecil apa pun itu.

Bagi yang memiliki jiwa kewirausahaan, membuka usaha bisa menjadi pilihan menarik. Provinsi Jambi yang kaya akan potensi menawarkan berbagai peluang bisnis yang dapat dieksplorasi. Namun, langkah ini juga tidak lepas dari tantangan. Menjadi seorang pengusaha memerlukan kerja keras, ketahanan mental, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang cepat.

Ikuti pelatihan-pelatihan atau sertifikasi di bidang yang diminati. Ambill sedikit waktu tambahan untuk membekali diri dengan skill tertentu sebagai senjata tambahan dari gelar serjana yang diraih. Saat ini banyak peluang-peluang usaha selagi tekun dan ulet.

Intinya, meskipun jalur yang akan diambil mungkin berbeda-beda, semangat untuk terus berkembang dan belajar harus tetap menjadi fokus utama. Dalam dunia yang terus berubah, kemauan untuk terus belajar dan beradaptasi akan membawa keberhasilan jangka panjang.

Para wisudawan UIN STS Jambi memiliki potensi besar untuk meraih prestasi gemilang di berbagai bidang, baik dalam pendidikan lanjutan, dunia kerja, maupun dunia wirausaha. Anda memiliki hak untuk menentukan jalan hidup anda sendiri untuk masa depan.

Akhirnya, kepada para sarjana, cepat-cepat akhiri pestanya dan masuklah dunia nyata. Turunlah dari menara gading yang menjulang dan ‘action!’. Kepada kita semua, marilah kita mendorong para sarjana baru ini untuk memilih jalan dengan bijak dan berkomitmen untuk terus bergerak maju. Dengan kesiapan dan semangat yang tepat, mereka akan mampu menjadi kekuatan positif bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Selamat kepada para wisudawan, jadilah penerang di tengah kompleksitas dunia yang terus berkembang. Semoga#-(Pengamat Sosial dan Kebijakan Publik)_

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan