Bukan Amerika, Ternyata Negara Kecil Ini Terkaya di Dunia

0 53

JAMBI, berjambi.com – Bagi sebagian orang mempersepsikan negara terkaya di dunia adalah Amerika. Tetapi hasil penelitian dari Global Finance Magazine ternyata bukan itu negara terkaya di dunia. Tetapi, ada beberapa negara terkaya di dunia selama tahun 2023 ini. Negara tersebut antara lain :

1. Irlandia

Irlandia memiliki luas 70.273 km² dengan sistem pemerintahan parlementer. Meski hanya seluas denganprovinsi Sumatera utara, tapi negara ini memiliki pendapatan domestik bruto per kapita sebesar US$145.196. Negara ini menjadi surga perusahaan terbesar di dunia, seperti Apple, Google, Microsoft, dan Meta dikarenakan tarif pajaknya yang lebih rendah. Dengan jumlah PDB tersebut, telah menempatkan negara ini sebagai negara terkaya di dunia.

2. Luksemburg

Meski Luksemburg hanya memiliki luas 2.586 kilometer, tapi punya PDB-PPP per kapita sebesar US$142.490. Dengan jumlah pendapatan tersebut, telah menempatkan Luksemburg sebagai negara terkaya kedua di dunia. Salah satu sumber pendapatan negara ini adalah wisata. Negara ini memiliki potensi pedesaan yang indah, sehingga membuatnya memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan. Sebagian besar kekayaan Luksemburg digunakan untuk menyediakan perumahan, layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi rakyatnya.

3. Singapura

Singapura yang merdeka tahun 1965 ini melejit dalam berbagai sektor dibidang pembangunan. Negara dengan luas 728,6 km2 ini menempati posisi ketiga sebagai negara terkaya dengan PDB-PPP per kapita sebesar US$133.895. Dengan luasan yang lebih kecil dari Jakarta ini, negara Singapura telah menempatkan dirinya sebagai negara paling ramah bisnis di dunia. Pada saat ini, Singapura menjadi pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat. Ekonominya terus tumbuh sampai 8,8 persen. (arm)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan