MTQ Provinsi Ditutup Wagub Sani, Ini Para Juaranya

0 43

SAROLANGUN, berjambi.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun. Penutupan MTQ ke-52 ini berlangsung di Arena Utama MTQ, Lapangan Gunung Kembang, Kabupaten Sarolangun, Selasa (29/8/2023) malam, dengan menghasilkan Kota Jambi sebagai juara umum.

Wagub Sani menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi ini, selain untuk memotivasi para qori dan qori’ah di Provinsi Jambi, juga guna mencari bibit-bibit qori dan qori’ah terbaik yang nantinya dapat menjadi wakil Provinsi Jambi di ajang MTQ tingkat nasional. Selain itu Wagub Sani juga mengajak seluruh masyarakat untuk membangun SDM (Sumber Daya Manusia) dengan nilai-nilai agama dan Al-Qur’an.

MTQ merupakan wahana yang sangat penting dan bermanfaat dalam Pembangunan SDM, selaras dengan salah satu misi dalam Visi Jambi MANTAP, yakni memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia, karena pembangunan SDM bukan hanya dari segi ilmu pengetahuan, tetapi juga dari segi akhlak dan karakter

“Dalam suatu perlombaan, tentunya ada yang juara, kepada para peserta yang belum berhasil meraih juara jangan berkecil hati, teruslah berlatih. Insya Allah di tahun-tahun mendatang akan memperoleh hasil yang maksimal,” lanjut Wagub Sani.
Menurut Wagub Sani, menjadi juara itu baik, tetapi itu jangan menjadi tujuan utama, karena semua ini harus dimaknai sebagai upaya bersama untuk terus mensyi’arkan dan membumikan Al-Qur’an melalui irama seni membaca Al-Qur’an di masjid-masjid maupun rumah-rumah yang di dalamnya ada pendidikan membaca Al-Qur’an.
Pada kesempatan tersebut Wagub Sani juga berpesan kepada para qori dan qori’ah untuk terus menghidupkan seni baca Al-Qur’an, karena keutamaan membaca Al-Qur’an ini cukup banyak.
“Salah satunya sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmizi dari sahabat Abdullah Ibnu Masud Radiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah bersabda, Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. Dapat dibayangkan begitu besarnya pahala yang didapatkan seandainya secara konsisten dan tekun membaca Al-Qur’an,” ungkap Wagub Sani.
Selain itu, Wagub Sani juga berharap MTQ Ke-52 ini mendapat kesan yang baik bagi seluruh peserta dan kedepannya penyelenggaraan MTQ ini bisa lebih baik lagi.

Sani : Bentengi Anak Dengan Ilmu Agama

‘Saya berharap pelaksanaan MTQ Ke-52 Tingkat Provinsi Jambi ini menjadi kesan terbaik bagi seluruh peserta dan kepada semua pihak yang terlibat, pemerintah daerah, pihak keamanan TNI-POLRI, dan masyarakat yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan MTQ ini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” pungkas Wagub Sani.
Penutupan MTQ Ke-52 Tingkat Provinsi Jambi ini turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Bachril Bakri, para pejabat tinggi lingkup Provinsi Jambi dan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya. Sedangkan para juara MTQ sebagai berikut ini :

1. Juara Pertama Kota Jambi dengan perolehan nilai 104

2. Juara Kedua Tanjungjabung Barat dengan perolehan nilai 79

3. Juara Ketiga Tanjungjabung Timur dengan perolehan nilai 55

4. Batanghari dan Sarolangun dengan perolehan nilai 50

Juara Cabang – Cabang yang diperlombakan 

1. Tilawah Alquran

a. Golongan Dewasa

Putra

I. H Abdullah Fikri dengan nilai 237 dari Sarolangun

II. Dede Putra dengan jumlah nilai 235 dari Sungai Penuh

III. Abdur Rahman dengan jumlah nilai 233 dari Tanjungjabung Barat

Putri

1. Lutfiatun Nisah dengan perolehan nilai 237 dari kabupaten Sarolangun

2. Melyan Safitri dengan perolehan nilai 233,5 dari kabupaten Sarolangun

3. Rosmidawati dengan perolehan nilai 231 dari kabupaten Tanjungjabung Barat

b. Golongan Remaja

Putra

1. Rolyansyah Priguna dengan perolehan nilai 232,5 dari kota Sungai Penuh

2. H Hamim Saputra dengan perolehan nilai 232 dari kabupaten Tanjungjabung Barat

3. Riko Saputra dengan perolehan nilai 228 dari kabupaten Sarolangun

Putri

1. Yustia Hidayati dengan perolehan nilai 235 dari kabupaten Batanghari

2. Wulan Rezky Amelia dengan perolehan nilai 231 dari kota Jambi

3. Arindah Aufizahra dengan perolehan nilai 230 dari kabupaten Batanghari

c. Golongan Anak-anak

Putra

1. Anharul Wayuda dengan perolehan nilai 234 dari kabupaten Merangin

2. Rahmadani dengan perolehan nilai 229 dari kota Sungai Penuh

3. Rikas Hidayatullah dengan perolehan nilai 221 dari Kota Jambi

Putri

1. Zahra Adiba Rasyiq dengan perolehan nilai 227 dari Tanjungjabung Timur

2. Tiara dengan perolehan nilai 219 dari tanjungjabung barat

3. Anggung Tri Cahyati dengan perolehan nilai 218 dari Kota Jamb

 

(Maria Yuliana).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan