SANI HARAP KADER PKK LEBIH KREATIF DAN INOVATIF

0 45

Jambi, berjambi.com, (Diskominfo Provinsi Jambi) – Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani,M.Pdi., mengharapkan, kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi bisa memberikan ide kreatif dan inovatif guna mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sani pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jambi, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (24/03/2022).

“Saya mengucapkan selamat atas Peringatan HKG PKK Ke-50 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jambi, teriring doa dan harapan semoga Gerakan PKK terus menjadi penopang dan garda terdepan dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas demi tercapainya masyarakat yang maju dan sejahtera,” ujar Sani.

Sani memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus dan kader PKK di seluruh Provinsi Jambi yang telah bekerja dengan baik dalam mengupayakan pembangunan masyarakat dengan menyiapkan keluarga sejahtera, melalui ide kreatif dan inovasi selama ini.

“Saya mengapresiasi kepada TP PKK se-Provinsi Jambi atas daya upaya dan kontribusinya menjadi rekan dan mitra pemerintah di bidang pemberdayaan perempuan dan keluarga. Semua pencapaian selama ini pada sepuluh program pokok PKK, telah mendukung dan mendorong terwujudnya program pemerintah untuk menciptakan dan membangun masyarakat yang sehat, berdaya, dan sejahtera,” kata Sani.

“Saya mengharapkan pada usia emas ini, menjadi momentum pembaharuan semangat, serta terus berupaya meningkatkan kreativitas dan kompetensinya dalam melaksanakan peran di bidang pemberdayaan perempuan dan keluarga. Hendaknya PKK senantiasa berupaya mengembangkan dan meningkatkan program pokok PKK yang lebih baik, dinamis dan terus selaras dan sinergis dengan program pembangunan pemerintah dalam rangka mendukung dan mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita bersama,” lanjut Sani.

Sani menuturkan, gerakan PKK memiliki kemampuan yang luar biasa sebagai pelopor dan garda terdepan pemberdayaan keluarga dan perempuan, dengan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, mampu menciptakan keluarga yang berdaya dan mandiri dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidup pada aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, dan budaya.

“Mulai dari lingkungan masyarakat terkecil, PKK dapat menciptakan keluarga yang berdaya dan mandiri serta mampu mendorong terwujudnya masyarakat yang maju, adil, sejahtera dan beradab sebagaimana cita-cita luhur pembangunan. Semoga dari hasil rapat nantinya bisa menjadi masukan bagi program gerakan PKK dan dapat diimplementasikan secara nyata dalam rangka pemberdayaan keluarga dan perempuan, menuju masyarakat maju dan sejahtera yang berkelanjutan,” tutur Sani.

Ketua TP-PKK Provinsi Jambi, Hj.Hesnidar Haris,S.E., (Hesti) membacakan sambutan tertulis dari Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, melalui peringatan HKG PKK kali ini Tri mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga.

“Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat, sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan,” kata Hesti.

50 tahun perjalanan gerakan PKK tentu banyak hal yang telah dilakukan dan dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan Cipta, Rasa dan Karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

Hesti menyampaikan pesan Ketua TP PKK Pusat yaitu, sesuai dengan kesepakatan hasil Rapat Kerja Nasional TP PKK, agar semua jenjang TP PKK dapat langkah langkah penyesuaian manajemen kelembagaan TP PKK. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika pengelolaan melalui sistem manajemen kelembagaan yang baik.

Pada kesempatan ini, Sani secara langsung melakukan Launcing Sistem Informasi Keluarga Dasawisma (Si Gadis Jambi) yang didampingi oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj.Hesnidar Haris,S.E.(ADV diskominfoprov)

Leave A Reply

Your email address will not be published.