Pemilih di Pemilu 2024 Didominasi Gen Z , Ini Tips Jitu Dekati Millenial

0 65

JAMBI, berjambi.com  – Pada pemilu 2024, ternyata pemilih terbanyak berada pada kategori pemilih Gen-Z dan Millenial yaitu 51% dari total Pemilih. Hal ini disampaikan oleh anggota KPU Provinsi Jambi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Fahrul Rozi.

Bacaleg Masih Didominasi Lelaki, Masyarakat Diminta Beri Tanggapan, Ini Caranya

Dirinya berbicara pada kegiatan Parlemen Menjawab dengan tema Pemilih cerdas pemilu berkualitas yang diselenggarakan RRI Jambi, bertempat di Bumi pasundan convention centre baru-baru ini.

Oleh karena itu, lanjut Fahrul Rozi, suksesnya Pemilu tidak bisa hanya dari penyelenggara Pemilu saja. Tetapi juga peran semua elemen masyarakat dan mahasiswa. ”PKPU memastikan seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai jadwal dengan partisipasi aktif dari para pemilih untuk menunjukkan pemilu yang berkualitas,” tukasnya.

Ngeri Bertarung di Kursi DPRD Provinsi Jambi Pada Dapil Ini, Calegnya Mantan Bupati

Lebih lanjut dia menyebutkan, pentingnya untuk meningkatkan Pemilih Cerdas dan menjaga Kualitas Pemilu. Makanya, KPU memberikan layanan sistem online untuk memastikan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan adik-adik mahasiswa haruslah cerdas dalam memastikan dirinya terdaftar dalam DPTb dan melibatkan diri dalam pengawasan partisipatif. ”Selain itu, penting juga untuk melakukan pengawasan aktif dan melaporkan jika terjadi pelanggaran demi mewujudkan pemilu yang berkualitas,” sebutnya.

Sedangkan Kepala LPP RRI Jambi Rahma Juwita menyampaikan RRI juga turut berperan mendorong peningkatan bagi masyarakat pemilih pada 2024. Hal ini selaras dengan Tagline RRI, kanal Pemilih Cerdas, dengan memberikan informasi yang benar, yang jelas, dan tentunya mendidik dan mencerdaskan. ”Kita harapkan pemilu mempunyai nilai penting dan berkolerasi positif terhadap informasi dan kualitas di dunia Indonesia,” tuturnya.

Tips Cerdas Mendekati Pemilih Millenial  

 

Sementara itu, pengamat sosial, Bahren Nurdin mengatakan, upaya mendekati pemilih millenial gampang gampang susah. Ada banyak cara yang perlu dilakukan untuk mendekati gen z ini. Cara-cara yang perlu dilakukan tersebut, yakni :

1. Maksimalkan Komunikasi Digital Aktif  

Millenial sangat berhubungan dengan media digital. Gunakan media sosial untuk menyampaikan pesan dalam rangka berkomunikasi dengan mereka. Tetaplah merespons apa saja yang dikomentari kaum millenial secara cepat dan ramah.

Pemilu Panas, Al Haris Sampaikan Pesan Presiden Jangan Ganggu Pembangunan

2. Buat Konten Informatif, Mudah Difahami dan Menarik  

Video pendek, infografis dan cerita visual sangat efektif dalam menjangkau millenial. Dan isu-isu yang coba diangkat dalam konten tersebut yakni yang relevan dengan kelompok ini. Dan biasanya, millenial cenderung peduli dengan isu sosial, kesetaraan dan keadilan. Menunjukkan perhatian dan dukungan dengan isu-isu tersebut bisa membuat Caleg terasa dekat dengan hati mereka.

3. Buat Gerakan Sosial Atau Kampanye Unik  

Segala hal yang bersifat unik bisa mendekatkan dengan hati millenial. Jadi sebagai problem solving buat generasi tersebut. Jika perlu kerjasama dengan influencer digital populer dikalangan millenial untuk membantu meningkatkan visibilitas para caleg. Dan pastikan influencer yang dipilih memiliki nilai-nilai  dan visi yang sejalan dengan kampanye caleg.  Sajikan solusi kongkret terhadap masalah-masalah yang dihadapi millenial. Millenial umumnya tertarik dengan langkah praktis yang dapat memberikan dampak positif buat kehidupan mereka.

Strategi Marketing Politik Gaet Pemilih Militan

4. Siap Selalu Beradabtasi  

Para caleg harus selalu siap beradaptasi dengan perubahan tren, isu-isu terkini dan preferensi millenial. Kelompok ini cenderung dinamis, sehingga kemampuan fleksiletas adalah kunci dalam mendekati kelompok tersebut.    Itulah mungkin yang bisa dilakukan  para Caleg untuk mendekati kelompok millenial. Intinya para caleg harus selalu dekat dengan media sosial. (arm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Dentist in Vaughan
Dentist in Vaughan